4 Hal Wajib Anda Ketahui Sebelum Menyantap Sushi

4 Hal Wajib Anda Ketahui Sebelum Menyantap Sushi

Selain takoyaki dan mi ramen, kudapan khas Jepang yang sangat populer di kalangan pecinta kuliner adalah sushi.
Ciri khas makanan ini terletak pada toppingnya yang berupa daging ikan mentah. Dan karena hal tersebutlah santer beredar kabar, bahwa makanan ini tidak sesehat yang dibayangkan.
Dilansir dari Grunge, berikut sejumlah mitos yang harus Anda ketahui sebelum menyantap sushi.
Jangan membeli sushi pada hari senin
Menurut kabar yang beredar, pengiriman ikan segar di setiap restoran sushi terjadi pada hari Selasa dan Rabu. Sehingga jika Anda membeli sushi pada hari Senin, kemungkinan besar ikan yang digunakan adalah sisa dari persediaan minggu lalu.
Lebih segar lebih baik
Sebuah mitos mengatakan, mengonsumsi sushi dari ikan yang betul-betul baru ditangkap, sangat sehat dan memiliki rasa yang lebih segar. Namun pada kenyataannya, ikan yang telah melalui proses pembekuan justru lebih sehat dibandingkan yang baru ditangkap. Proses pembekuaan tersebut dapat membunuh parasit yang ada di daging ikan.
Sushi penuh parasit
Banyak penelitian yang mengatakan, makanan yang disajikan tanpa melalui proses pengolahan yang matang, cenderung rentan disusupi parasit yang terkadang menyerupai cacing-cacing kecil. Hal tersebut sebetulnya jarang ditemui pada sushi. Tetapi bukan tidak mungkin, Anda dapat menemukannya jika sushi yang disajikan tidak memenuhi standar pengolahan.
Wasabi dapat membunuh bakteri jahat

Para peneliti telah membuktikan, bahwa wasabi asli Jepang sangat efektif membunuh bakteri-bakteri jahat di dalam makanan. Namun sayangnya, cukup sulit untuk menemukan wasabi yang asli jika tidak membelinya langsung di Negeri Sakura.