Bagaimana cara menghilangkan komedo secara alami?

dr. Abhay Talati, Dermatologist dari Skin Space, Mumbai, India berkata, “Komedo sebenarnya merupakan tahap pertama dari jerawat yang berkembang karena adanya penyumbatan pada folikel rambut.”
“Titik hitam itu bukan karena debu atau kotoran, tapi karena oksidasi dari serpihan kulit dan kelenjar minyak yang menempel pada folikel.”
Apakah penyebab munculnya komedo? dr. Monica Bhamroo, Konsultan Senior, Anugreh Klinik, Delhi, menjelaskan faktor penyebab komedo, seperti perubahan hormonal, minyak yang berlebihan, produk kosmetik dan perawatan kulit yang tidak tepat, stres dan genetika.
1. Baking Soda
Baking soda atau sodium bikarbonat adalah zat yang paling ringan dibandingkan semua natrium alkali. Dr. Bhamroo  menginformasikan, bahwa baking soda memiliki sifat antibakteri yang ampuh mengatasi komedo dan jerawat secara langsung.
- Tambahkan beberapa jus lemon di baking soda. Ulaskan merata pada wajah dan bilas beberapa menit kemudian.
- Campur baking soda dengan cuka sari apel untuk membuat pasta. Gosokkan pasta tersebut di atas komedo dan cuci setelah beberapa menit.
2. Tomat 
Tomat mengandung likopen yang termasuk antioksidan kuat yang dapat mengurangi titik hitam komedo, menurut dr. Talati
- Gosokkan kulit tomat di wajah, biarkan hingga kering, kemudian bilas dengan air dingin.
3. Oatmeal dan madu 
Ini adalah cara yang lembut dan efektif untuk membersihkan kulit, karena campuran oatmeal dan madu serupa dengan scrub ringan untuk kulit Anda.
- Tambahkan beberapa tetes madu ke oatmeal. Dan oleskan pada daerah yang berkomedo. Cuci bersih setelah 5 menit.
4. Strip Penghilang Komedo
Ada beberapa cara untuk membuat strip penghilang komedo (blackhead removal strips), tapi yang terpenting adalah selalu mencobanya terdahulu di tangan sebelum menggunakannya di wajah, saran dr. Bhamroo.
- Putih telur mengandung antiseptik dan antibakteri. Oleskan putih telur pada wajah, tutup dengan kertas tisu. Angkatlah dengan perlahan setelah kering.
- Strip penghilang komedo dapat juga dibuat dari campuran gelatin dan susu.
5. Kayu Manis 
Kayu manis mengandung antibakteri dan dikenal banyak digunakan dalam pengobatan tradisional Cina dan Ayurvedic. Dr. Bhamroo memeperingatkan untuk memastikan bahwa yang digunakan adalah bubuk kayu manis, bukan bubuk kayu cendana.
Campurkan 1 sdt bubuk kayu manis dengan 1/2 sdt madu, lalu oleskan di daerah yang berkomedo. Cuci bersih setelah beberapa menit.
Jika timbul gatal-gatal atau kemerahan, setelah menggunakan bubuk kayu manis dan madu ini, maka segera hentikan penggunaan.
Dalam hal ini, ramuan kayu manis dan madu hanya cocok untuk kasus komedo yang ringan, jika terdapat komedo dalam jumlah banyak, ukuran besar dan terjadi berulang-ulang, maka sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dermatologist Anda.
Parents, semoga informasi di atas bermanfaat.